Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang yg ingin belajar terus menerus..karena dulu ayah saya bilang tuntutlah ilmu setinggi langit..(weks gak nyambung..),Suka dengan Hal2 yg baru, Otomotif, Komputer&internet.

Cari Uang Gratis!! Disini Tempatnya!!!

ThinkBux.com! DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Rabu, 18 Juni 2008

Hemat Bensin, pakai air mineral

Kenaikan harga BBM bukan masalah bagi Ir. FX Agus Unggul Santoso. Dosen Fakultas Teknik Mesin Universitas Sanata Dharma, Jogja. itu sudah bisa menciptakan penghemat bensin yang mampu menekan pemakaian BBM sampai 30,67 %. Seakan lebih irit dari harga sebelum naik. Kan kalau dulu Premium perliternya Rp. 4.500, sekarang jadi Rp. 6.000 atau naik 33,33%.

Alat penghemat ini menggunakan media air hujan dan air mineral sebagai bahan utama. Namanya, Hydrogen Booster for Internal Combutions Engine (HB-ICE). Atau bisa diartikan alat peningkat daya dan efisiensi bahan bakar sepeda motor menggunakn Hydrogen Booster.

"Ini penghemar bensin sederhana dan murah. Bisa diterapkan di semua jenis motor, katanya. Untuk pembuatan alat ini tidak sulit dan tidak mahal. Hanya butuh tabung atau gelas plastik bertutup air hujan atau air mineral, soda kue, 2 elektroda dari bahan pipa stainless steel, slang serta sambungan. Juga kabel serta terminal positif dan negatif.

Dilihat dari segi pembuatan, tidaklah terlalu rumit. Bahan juga bisa diperoleh dengan mudah dan ada di sekitar kita. Untuk pembuatan tidak memakan biaya mahal. Dipastikan tidak akan menghabiskan Rp. 25.000.

Cara Kerja

Tabung atau gelas plastik bisa diisi air mineral atau air hujan sebanyak 250 cc. Kemudian masukkan soda kue atau pengembang roti yang nantinya akan berfungsi sebagai katalis. Terminal positif dihubungkan dengan kabel kontak yang juga tersambung ke positif aki. Dan kabel negatif disambung ke negatif aki.

Sedang selang yang terletak di ujung tabung disambungkan menuju moncong karburator. Sehingga bila kontak dinyalakan dan mesin menyala, akan terjadi proses elektrolisa. Dan akan terjadi proses pemisahan ion air (H2O). Air akan direduksi dan menghasilkan gas hydrogen (H2) yang akan keluar melalui slang di ujung tabung lalu dipompakan ke karburator.

Atau dengan reaksi 2H20(1) + 2e ->2OH(aq) + H2(g). Maka gas hydrogen yang masuk filter udara akan tercampur bensin yang keluar dari karbu. Adanya gas hydrogen akan meningkatkan pembakaran di ruang bakar atau dapat menaikkan torsi mesin, jelas pria yang penyuka off road ini.

Dari hasil uji coba laboratorium ataupun tes ride yang dilakukan sementara didapat daya mesin meningkat 3,6% dan torsi meningkat 2,5%. Pemakaian bahan bakar pada kecepatan 44 km/jam lebih irit 6,44%. Pada kecepatan 55 km/jam bahan bakar lebih irit 14,25% dan pada kecepatan 66 km/jam mencapai 14,9%.

Dan hasil uji coba yg dilakukan pak Agus, semalam dari kampus ke Candi Prambanan tembus di angka 11,46%. Jadi sementara wakt, alat ini bikin irit sebesar itu,

Alat yang pakai nama HB-ICE 1 ini, tidak terlalu besar. Hanya sebesar gelas biasa. Sehingga untuk pemasangan bisa digantungkan atau dimasukkan ke bagasi motor. "Tunggu saja HB-ICE 2 yang sedang kami kerjakan, akan kami targetkan pengiritan bahan bakar mencapai 60%, " tutup Agus.

sumber : MotorPlus No. 483/IX

2 komentar:

  1. bikin sendiri alat hemat bbm cuman 10ribu

    http://rapidshare.com/files/131259023/HematBBM_indy_s_.PDF.html

    BalasHapus
  2. thanks infonya bro..mudah2an qta bisa menciptakan udara yg bersih dari bio fuel ini thx...

    BalasHapus